Translate

Unsur-Unsur Minat Belajar


Yang menjadi unsur-unsur penting dalam minat belajar adalah seperti berikut:
  1. Perhatian

  2. Menurut Sumadi Suryabrata (2010:14) perhatian adalah banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai sesuatu aktivitas yang dilakukan. Orang yang menaruh minat pada suatu aktivitas akan memberikan perhatian yang besar.
  3. Perasaan

    Perasaan menurut W.S. Winkel (2004:273) merupakan aktivitas psikis yang didalamnya subjek mengahati nilai-nilai dari suatu objek. Perasaan senang akan meninbulkan minat, hal tersebut diperkuat dengan sikap yang positif. Sedangkan perasaan tidak senang akan menghambat dalam belajar, karena tidak adanya sikap yang positif sehingga tidak menunjang minat dalam belajar.
  4. Motivasi

    Seseorang melakukan aktifitas belajar karena ada yang mendorongnya, dimana motivasi adalah perasaan atau pikiran yang mendorong seseorang melakukan pekerjaan atau menjalankan kekuasaan terutama dalam berperilaku (Nursalam, 2002:93). Secara garis besar motivasi merupakan dasar penggerak yang mendorong aktivitas belajar seseorang sehingga ia berminat terhadap sesuatu objek, karena minat adalah alat motivasi dalam belajar.


  5. ©08310936

Artikel Terkait yang menambah Ilmu Pengetahuan (IPTEK)

Widget by [©08310936]

Tidak ada komentar:

Komentar, Kritik dan Saran kami tunggu

Buku Tamu

About Me