Translate

Pengertian Minat


Dalam kamus besar bahasa Indonesia minat diartikan sebagai kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu; gairah atau keinginan (Purwadarminta,2007:744).Minat mempengaruhi hasil belajar tidak diragukan lagi.Kalau seseorang tidak berminat dalam mempelajari sesuatu tidak dapat diharapkan berhasil dengan baik dalam mempelajari sesuatu.Menurut Sardiman (2001:74) “Minat merupakan suatu kondisi yang terjadi apabila seseorang melihat ciri-ciri kebutuhannya sendiri.

Beberapa pendapat tentang pengertian minat dikemukakan sebagai berikut:

  1. Minat adalah sebagai suatu keadaan dimana seseorang mimiliki perhatian yang besar terhadap sesuatu objek yang disertai dengan keinginan untuk mengetahui dan mempelajari hingga akhirnya membuktikan lebih lanjut tentang objek tersebut (Bimo Walgito 2004:38).
  2. Minat adalah suatu pemusatan perhatian yang lahir karena penuh kemauan dan tergantung dari bakat dan lingkungannya.
  3. Minat adalah kecenderungan yang agak menetap untuk merasa tertarik pada bagian-bagian tertentu dan merasa berkecimpung pada bidang itu (Winkel, 2004:272).
  4. Minat atau interes adalah gejala psikis yang berkaitan dengan objek atau aktivitas yang menstimulir perasaan seseorang pada individu.
  5. Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati siswa, diperhatikan terus-menerus yang disertai rasa senang dan diperoleh rasa kepuasan. Lebih lanjut dijelaskan minat adalah suatu rasa suka dan ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. (Slameto 2003 : 57)


Pengertian minat menurut bahasa (Etimologi), ialah usaha dan kemauan untuk mempelajari (Learning) dan mencari sesuatu.Secara terminologi, minat adalah keinginan, kesukaan dan kemauan terhadap sesuatu hal.

 Sedangkan Pengertian Minat menurut para ahli adalah:

  • Hillgard
    Minat adalah suatu proses yang tetap untuk memperhatikan dan menfokuskan diri pada sesuatu yang diminatinya dengan perasaan senang dan rasa puas (Slameto 2003).
  • Andi Maprare
    Minat adalah suatu perangkat mental yang terdiri dari suatu campuran dari perasaan, harapan, pendirian, prasangka, rasa takut atau kecenderungan lain yang mengarahkan individu kepada suatu pikiran tertentu ( Slameto, 2003: 58).
  • Slameto
    Minat adalah kecenderungan yang tepat untuk memperhatiakan dan mengenang beberapa kegiatan.(Slameto,2003:180). Pengertian minat secara keseluruhan dalam karya tulis ini ialah suatu proses pengembangan dalam mencampurkan seluruh kemampuan yang ada untuk mengarahkan individu kepada suatu pikiran tertentu.


Dari berbagai pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa minat dapat ditunjukkan melalui beberapa aspek yaitu kemauan atau keinginan, rasa senang, rasa tertarik dan rasa keterikatan atau keterpautan. Dengan demikian orang yang berminat pada sesuatu, misalnya mata pelajaran, akan ditunjukkan oleh sikap-sikap diatas terhadap mata pelajaran tersebut.
Sebagai motor penggerak, minat mempunyai pengaruh besar dalam proses belajar. Minat merupakan kunci vital bagi banyak situasi penting dalam kehidupan social penyesuaian pribadi dalam pendidikan dan pekerjaan.Dengan demikian untuk dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik, sangat perlu untuk membangkitkan minat belajarnya.

©08310936

Artikel Terkait yang menambah Ilmu Pengetahuan (IPTEK)

Widget by [©08310936]

Tidak ada komentar:

Komentar, Kritik dan Saran kami tunggu

Buku Tamu

About Me