Translate

Pengertian Sumber Bacaan


Sumber bacaan ialah seluruh bahan bacaan yang ada diperpustakaan sekolah seperti : buku-buku paket, majalah dan surat kabar, yang merupakan sumber informasi bagi pembacanya.
Menurut tingkatan aktualitas informasi yang terkandung di dalam sumber informasi, Sungkana Hadi (1986:33) membedakan dalam tiga tipe, yaitu sebagai berikut :

a) Sumber informasi primer yaitu sumber yang memuat informasi terbaru dan informasi pertama yang belum pernah dimuat media yang lain. Macam-macam sumber primer ini yaitu : majalah, jurnal, buletin, laporan penelitian.

b) Sumber informasi sekunder yaitu sumber yang memuat petunjuk mengenai ada dan dimana sumber informasi primer sehingga sumber informasi sekunder ini sering disebut sebagai kunci informasi primer.
Macam-macam sumber informasi sekunder ini antara lain :
1) Indeks artikel majalah yaitu bahan pustaka yang mendaftar adanya artikel mengenai sesuatu atau sejumlah topik, serta menunjukan di mana (dalam majalah apa) artikel tersebut dimuat.
2) Abstrak (sari karangan) : mirip seperti indeks artikel, namun abstrak dilengkapi dengan ringkasan atau sari isi artikel / karangan yang bersangkutan.
3) Tinjauan buku/ resensi : sama seperti abstrak, namun dalam tinjauan buku terdapat pula pendapat atau tanggapan penulis atas buku yang bersangkutan.
4) Ensiklopedi : bahan pustaka yang memuat penjelasan atau uraian atau sejumlah topik, pada umumnya sudah diketahui, bukan uraian atau informasi baru.
5) Buku teks yaitu bahan pustaka yang menyediakan informasi dalam suatu pokok soal atau penjelasan tertentu dalam studi dan merupakan sumber informasi tertulis utama yang dianjurkan untuk suatu mata pelajaran.

c) Sumber informasi tertier
Sumber informasi tertier yaitu bahan-bahan pustaka yang memberi petunjuk mengenai ada dan di mana sumber informasi baik primer maupun sekunder yang dengannya para pemakai dapat menelusuri lebih lanjut macam-macam sumber informasi tertier itu adalah :
1) Panduan pustaka (literature guide) yaitu bahan pustaka yang ada mengenai sesuatu bidang ilmu
2) Bibliografi yaitu bahan pustaka yang mendaftar adanya bahan pustaka mengenai sesuatu bidang ilmu tertentu atau mengenai berbagai ilmu yang diterbitkan dinegara tertentu.
3) Katalog perpustakaan : sama seperti bibliografi, namun pustaka yang didaftar katalog perpustakaan terbatas pada yang dimiliki oleh atau yang terdapat disuatu perpustakaan tertentu.
4) Direktorat atau buku petunjuk : sama seperti katalog namun yang didaftar dalam direktorat adalah nama-nama orang atau lembaga berikut alamatnya masing-masing yang berkaitan sengan sesuatu sejumlah bidang ilmu

©08310936

Artikel Terkait yang menambah Ilmu Pengetahuan (IPTEK)

Widget by [©08310936]

Tidak ada komentar:

Komentar, Kritik dan Saran kami tunggu

Buku Tamu

About Me