Translate

Minat Belajar Siswa


Dalam proses belajar mengajar minat merupakan salah satu faktor penunjang untuk mencapai keberhasilan
dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu setiap pengajar harus dapat menciptakan suasana yang dapat me-numbuhkan minat siswa (Abdullah, 1998).
Mengingat bahwa minat adalah kecenderuangan yang sifatnya menetap dalam subyek dan merasa tertarik terhadap bidang atau hal tertentu dan merasa senang berkecimpung dalam bidang tersebut (Winkel, 2004).
Sedangkan menurut Nurkencana (2005), minat adalah kesadaran seseorang terhadap satu masalah atau situasi yang mengandung kaitan dengan dirinya.
Sedangkan Muhibbin Syah (2005:151) mengartikan minat sebagai kecenderungan dan kegai-rahan yang tinggi oleh keinginan yang besar terhadap sesuatu. Semakin tinggi minat siswa terhadap suatu pelajaran diharapkan semakin tinggi pula prestasi yang dicapai.
Minat merupakan suatu kecenderuangan bersifat terapan kepada suatu objek yang dianggap penting dimana didalamnya terdapat tiga elemen penting yaitu kognitif, efektif dan psikomotoris bekerja bersama-sama dalam upaya mencapai suatu objek tertentu.
Menurut pendapat yang dikemukakan (Slameto 2010:180), bahwa: “Suatu minat dapat diekspresikan melalui suatu pernyataan yangmenunjukkan bahwa anak didik lebih menyukai suatu hal daripada hallainnya, dapat pula dimanipestasikan melalui partisipasi dalam suatuaktivitas. Anak didik yangmemiliki minat terhadap subjek tertentucenderung untuk memberi perhatian yang lebih besar terhadap subjek tersebut.”
Selain itu menurut Syaiful Bahri Djamarah (2002:132) mengungkapkan bahwa minat dapat diekpresikan anak didik melalui :
  1. Pernyataan lebih menyukai sesuatu daripada yang lainnya.
  2. Partisipasi yang aktif dalam suatu kegiatan.
  3. Memberikan perhatian yang lebih besar terhadap sesuatu yang diminatinya tanpa menghiraukan yang lain (fokus).
Dari keenam pendapat ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa dapat dilihat dari bagaimana minatnya dalam melakukan aktivitas yang mereka senangi dan ikut terlibat atau berpartisipasi dalam proses pembelajaran serta perhatian yang mereka berikan.

©08310936

Artikel Terkait yang menambah Ilmu Pengetahuan (IPTEK)

Widget by [©08310936]

Tidak ada komentar:

Komentar, Kritik dan Saran kami tunggu

Buku Tamu

About Me